Harapan Herman untuk Maju di Pilkada Inhil Terbuka Lebar, Ini Alasannya 

KILASRIAU.com  - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 terhitung masih beberapa bulan lagi akan dilaksanakan, namun senter nama-nama bakal calon sudah mulai bermunculan di warung kopi dibicarakan masyarakat.

Pembahasan tersebut menjadi hal lumrah bagi penduduk kabupaten Indragiri Hilir karena mereka masing-masing ingin mengetahui siapa calon terbaik ke depan dan Visi Misi apa yang akan diberikan untuk negeri seribu parit ini.

Adapun nama-nama yang muncul dari pantauan media di lapangan yakni sebagai berikut: 

1. H Suhaidi atau Ustadz Jenggot rajin berpantun, memiliki pengalaman duduk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau tahun 2019 - 2024 membuat namanya masuk dalam pembicaraan warga terkait pencalonan Bupati Inhil tahun 2024 ini, ditambah Ustadz Suhaidi adalah kader Gerindra yang sekarang memiliki perolehan suara sangat signifikan di Pemilihan Umum tahun 2024 tadi.

2. H. Dani M Nursalam, anggota DPRD Provinsi Riau yang baru saja terpilih kembali pada pemilu 2024 ini. Berbekal pengalaman pernah menjadi wakil ketua DPRD Inhil dan Ketua DPRD Inhil membuat namanya disebut-sebut bakal maju mengisi daftar nama calon bupati Inhil tahun 2024 dan ditambah lagi kader militan Partai Kembangkitan Bangsa (PKB) ini sekarang memperoleh suara pribadi terbanyak untuk caleg provinsi dapil Riau 7 saat pemilu kemarin, serta PKB Inhil memiliki suara signifikan dengan meraih 7 kursi dan kursi pimpinan DPRD diraih olehnya untuk periode 2024 - 2029.

3. H. Ferryandi ketua DPRD Inhil 2019-2024 dan sekarang terpilih lagi menjadi Anggota DPRD Provinsi Riau tahun 2024-2029. Berbekal hasil tersebut Kader Partai Golongan Karya yang sudah memiliki segudang pengalaman di legislatif ini digadang-gadang bisa masuk menjadi calon bupati Inhil pada pilkada mendatang. 

4. Hj. Septina Primawati anggota DPRD Provinsi Riau yang baru saja  terpilih lagi untuk ke 3 kalinya. Mantan ketua DPRD Provinsi Riau dan kader Partai Golkar ini juga masuk dalam isu pembicaraan bakal calon bupati Inhil pada pilkada tahun 2024.

5. H. Iqbal Sayuti pengusaha ternama yang baru saja terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Riau ini juga masuk dalam daftar nama orang yang biasa dibicarakan untuk maju pada pilkada mendatang, kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga tidak segan-segan menyebutkan kalau dirinya siap untuk maju di pilkada jika diminta.

6. Samino Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) kabupaten Indragiri Hilir dan juga anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hilir kembali terpilih untuk ke 3 kalinya ini juga masuk dalam radar masyarakat bakal maju pada pilkada mendatang.

7. H Andi Rusli ketua DPC PPP Kabupaten Indragiri Hilir yang juga masih menjabat sebagai wakil ketua DPRD Inhil ini baru saja mengikuti pemilu 2024 dan terpilih kembali untuk ke 3 kalinya, Bapak yang dikenal dengan penggiat sosial sangat dekat dengan masyarakat dan wajar saja namanya juga menjadi perbincangan warung kopi untuk dijadikan calon Bupati Inhil.

8. Herman, PJ Bupati Inhil meskipun baru menduduki jabatan ini tapi peluangnya untuk melangkah kaki di kancah politik kian terbuka karena sejak gebrakannya yang berani meratakan lokasi diduga menjadi  tempat maksiat langsung direspon baik oleh masyarakat, ditambah lagi berhasil menghidupkan Pelabuhan Parit Dua Satu yang sebelumnya tidak difungsikan, dan kini dijadikan pelabuhan ekspor kelapa. 

Langkah tersebut berdampak baik terhadap ekonomi masyarakat, beberapa hari lepas itu harga kelapa langsung mengalami kenaikan, belum lagi kunjungan kerjanya ke daerah-daerah menemui tokoh-tokoh di kecamatan menjadikan namanya kian masuk dalam radar pencalonan Bupati Inhil tahun 2024.

Peluang PJ Bupati Inhil untuk maju pada pilkada Inhil makin terbuka lebar karena menurut penuturan masyarakat warung kopi, Udin, PJ Bupati tidak memiliki resiko besar dalam melangkah jika dilihat dari status Pegawai Negeri Sipil nya karena masa pensiunnya tidak lama lagi. 

Berbeda dengan tokoh-tokoh lain yang baru saja menyelesaikan pemilu 2024 harus berspekulasi lagi untuk mendapatkan jabatan, sementara faktor modal baru saja dipakai untuk tampil kemarin. Namun meskipun  peluang tersebut ada, Herman sempat mengeluarkan statement ke media bahwa Ia tetap akan fokus menyelesaikan tugas.  

Dikutip dari media Bukamata.co pada wawancara itu, Herman mendapatkan pertanyaan dari wartawan mengenai kesiapannya untuk mengikuti perhelatan Pilkada Inhil sebagai calon Bupati.

"Keputusan untuk maju sebagai cabup tergantung pada dukungan masyarakat Inhil," kata Herman dengan santai menjawab pertanyaan wartawan.

Namun Herman dengan tegas mengatakan, saat ini tetap menyelesaikan tugas sesuai amanah sejak dirinya ditunjuk oleh Mendagri sebagai Pj Bupati Inhil.

"Sampai saat ini saya tetap fokus bekerja menuntaskan program pemimpin sebelumnya," tegasnya.

Keputusannya untuk maju tidak hanya didasarkan pada dorongan pribadi, paparnya, tetapi juga pertimbangan yang matang mengenai peluang dan dukungan dari semua pihak.

Ketika ditanya soal komunikasi politik dengan beberapa partai, Herman juga menegaskan belum ada komunikasi secara intensif. Lagi-lagi Herman menyatakan fokus menyelesaikan amanah sebagai Pj.

"Kalau soal itu santai-santai saja, sejauh ini memang belum ada saya berkomunikasi dengan teman-teman dari partai untuk maju Pilkada," jawabnya.

Itulah sederet bakal calon bupati Inhil yang ada di dalam cerita warung kopi Tembilahan, menarik untuk ditunggu bagaimana kelanjutannya ke depan dan sembari proses pelaksanaan pilkada tetap berlangsung.**






Tulis Komentar